Tugas 2 – Pengantar Telematika

  1. Sebutkan dan analisis lima contoh sosial media, fitur unggulan, dan aktifitas terbanyak yang dapat dilakukan dengan sosial media tersebut.

A. Facebook

header1

Media sosial buatan Mark Zuckerberg ini memang menduduki peringkat pertama media sosial yang paling banyak di gunakan di dunia. Sejak diluncurkan pada tahun 2004 silam Facebook sudah dilengkapi berbagai fitur yang memanjakan para penggunanya, mulai dari yang awam soal internet sampai yang sudah ahli sekalipun tidak akan mengalami kesulitan menggunakan Facebook sebagai sara berbagi informasi di dunia maya. Sampai saat ini sosial media Facebook memiliki jumlah pengguna aktif sampai dengan 1 miliar atau bahkan lebih di seluruh dunia. Kepopuleran Facebook inilah yang mengantarkan Mark Zuckerberg menjadi salah satu orang terkaya di dunia diusia yang masih muda. Beberapa fitur yang terdapat pada Facebook adalah;

  • Status Terkini

Untuk menuliskan sesuatu yang sedang kita pikirkan.

  • Teman

Teman yang mempunyai akun facebook dan kita dapat saling berinteraksi dengan nya melalui facebook.

  • Dinding

Pengguna facebook dan teman nya dapat saling mengirim pesan secara terbuka yang dapat dilihat oleh orang lain, adapun media yang dapat dikirimkan berupa foto, video dan lokasi.

  • Pesan Obrolan

Tempat untuk para pengguna facebook mengobrol secara pribadi yang tidak dapat dikethui oleh orang lain. Waktu yang digunakan adalah secara langsung.

  • Foto

Pengguna facebook dapat mengunggah foto-foto yang akan tersimpan pada facebook.

  • Video

Pengguna facebook dapat mengunggah video yang akan tersimpan pada facebook.

  • Permainan

Pengguna facebook selain dapat berkomunikasi dengan sesame teman facebook, ia juga dapat bermain permainan yang tersedia pada facebook dan dimainkan dengan koneksi internet.

  • Colek

Pengguna facebook dapat mencolek teman facebook nya secara virtual.

B. Twitter

header2

Pada peringkat kedua media sosial yang paling populer di dunia adalah Twitter. ”. Twitter dirilis pada 15 Juli 2006 didirikan oleh Jack Dorsey bersama teman yang juga menjadi pesaing Facebook.

Twitter tumbuh dengan pesat dan saat ini sudah mencapai 284 juta pengguna. Keunikan dari Twitter adalah batasan terhadap karakter pada setiap penggunanya. Untuk sosial media Twitter pengguna dapat mengikuti orang lain atau tautan yang disebut dengan “Following”. Sedangkan orang lain mengikuti kita disebut dengan “Follower”. Hampir seluruh pengguna internat menggunakan Twitter, diantaranya selebritis, politikus, dan juga relawan mereka semua menggunakan media sosial ini untuk kepentingan masing-masing. Beberapa fitur yang terdapat pada Twitter adalah;

  • Reply Tweet

Fitur reply ini bisa kamu gunakan untuk membalas tweet yang di share oleh teman kamu. Kita bisa memulai percakapan atau membalas tweet dengan menekan tombol reply di bawah tweet teman kita.

  • Retweet

Fitur retweet ini bisa kita gunakan untuk meneruskan atau menyebarkan tweet orang lain ke halaman timeline kita. Disini kita juga dapat membubuhinya dengan beberapa komentar yang ingin kita tambahkan.

  • Like Tweet

Fitur like ini sangat berguna ketika kamu ingin menyimpan suatu tweet yang menurut kamu bagus. Untuk melakukannya sangat mudah, cukup tekan simbol love di bawah tweet, maka tweet tersebut akan tersimpan di dalam tab Like.

  • Direct Message

Fitur direct message ini bisa kamu gunakan untuk mengirim pesan secara pribadi kepada teman twitter kita.

  • Following

Fitur following ini memungkinkan kamu untuk mengikuti orang lain dan otomatis akan menjadi follower orang lain tersebut. Dengan melakukan following ini maka tweet orang yang kita follow akan selalu tampil di timeline kita.

  • Follower

Fitur follower ini kebalikan dari following. Bila following adalah kita mengikuti orang lain, maka follower ini adalah orang lain yang mengikuti kita.

C. Instagram

Print

Instagram didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger serta dirilis pada 6 Oktober 2010 silam. Saat ini Instagram telah diakusisi oleh perusahaan sebesar Facebook. Tidak kalah dengan kedua jejaring sosial di atas, Instagram sangat populer di kalangan masyarakat terutama bagi mereka yang hobi dengan fotografi maupun selfie. Beberapa fitur yang terdapat pada Instagram adalah;

  • Home

Di sini anda bisa melihat postingan postingan dari orang orang yang anda follow. Biasanya banyak orang yang banyak menghabiskan waktu hanya untuk stalking di fitur ini.

  • Search

Menu ini hadir untuk membantu penguna mencari sesuatu. Anda bisa menemukan akun teman anda, hashtags yang berkaitan dengan sesuatu yang anda cari serta mencari orang-orang yang pernah berada di suatu tempat.

  • Foto

Tombol yang satu ini berfungsi untuk mengupload gambar, foto dan juga video. Menu ini mirip menu tweet kalau pada twitter dan mirip juga seperti menu status kalau pada facebook. Di instagram anda tidak bisa membuat status berupa teks. Sebab Instagram adalah media sosial yang berbasis visual. Anda baru bisa menambahkan teks jika di barengi dengan foto. Anda bisa memilih dari galery, photo dan video.

  • Profil

Profil di gunakan untuk melihat akun anda. Di menu ini anda bisa mengedit profile anda. Anda bisa melihat foto-foto yang sudah anda upload dan juga foto-foto yang di-tag ke anda.

  • Notifikasi

Ada dua jenis notifikasi yaitu notifikasi untuk akun anda. Seperti orang yang meminta pertemanan pada anda, orang yang menerima permintaan pertemanan anda. Bisa juga orang yang menyukai atau yang komenar di foto anda dan juga orang yang menyebut akun anda di status orang lain. Jenis notifikasi yang kedua adalah notifikasi yang menampilkan aktivitas dari following kita atau orang-orang yang anda ikuti. Jadi kita bisa mengetahui following kita menyukai foto siapa, komentar di foto siapa dan sedang berteman dengan siapa.

D. Google Plus

header4

Google plus adalah jejaring sosial yang dibesut oleh Google pada tahun 2011, kepopuleran Google+ juga sudah mendunia. Untuk membuat akun media sosial ini juga sangat mudah, Anda cukup membuat akun Google maka secara otomatis akan otomatis mempunyai akun Google+. Google Plus berbasis jejaring sosial yang dimana penggunannya cukup memiliki satu akun Gmail. Beberapa fitur yang terdapat pada Google Plus adalah;

  • Circles

Fungsi dari circles sama seperti daftar teman dalam jejaring sosial lainnya seperti Facebook, tapi yang mencuri perhatian saya adalah adanya kategori yang membuat kita lebih mudah memisahkannya.

  • Photos

Fungsi hampir sama seperti fitur foto di Facebook mulai dari upload, tagging hingga komen. Satu lagi yang saya suka dari fitur ini yaitu kita dapat memutar gambar yang kita upload tersebut.

  • Hangouts

Fitur hangouts ini berfungsi sebagai alat video chatting dengan teman-teman kamu yang ada dalam circles pada saat bersamaan.

  • Communities

Gabung atau buat komunitas yang memiliki kesamaan interest. Sehingga sharing menjadi lebih mudah dan terarah.

  • Sparks

Fitur ini hanyalah sekumpulan feed dari situs-situs yang bisa kamu pilih sesuai kategori yang kamu sukai.

  • Huddle

Fitur yang memungkinkan kita melakukan group chat dengan teman-teman.

  • Games

Terdapat beberapa permainan yang dapat dimainkan pada Google Plus.

E. Youtube

header5

Youtube didirikan pada bulan februari 2005 oleh 3 orang mantan karyawan PayPal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Tepat pada Hari Valentine tahun 2005. Chen dan Karim adalah lulusan Jurusan Ilmu Komputer Universitas Illinois at Urbana Champaign, sedangkan Hurley dari Indiana University of Pennsylvania. Pada awalnya kantor pusat Youtube terletak di lantai atas sebuah restoran Pizza dan Restoran jepang di San Mateo, California.

Pada tahun 2007 Youtube telah mengkonsumsi Bandwidth menyamai besarnya Bandwidth keseluruhan internet di dunia pada tahun 2000. Pada bulan juni 2008 majalah Forbes memberitakan bahwa pendapatan Youtube selama tahun 2008 diperkirakan mencapai 200 juta US $. Pada tahun 2008 Youtube mendapatkan penghargaan George Foster Peabody Award dan karena telah menjadi “Speakers Corners” dan ikut berjasa dalam pengembangan demokrasi dan kebebasan berpendapat.

Saat ini Youtube menjadi situs online Video paling populer di dunia, Terhitung 100 jam video telah diupload ke situs setiap menitnya.Angka tersebut diakumulasi dari pengguna di seluruh dunia yang mengupload video ke situs YouTube. Akumulasi termasuk 6.000 jam video setiap jam dan 144.000 jam video yang diupload setiap harinya. Beberapa fitur yang terdapat pada Youtube adalah;

  • Ubah Kualitas Video YouTube

Untuk mengubah kualitas video tekan tiga titik dan pilih Quality. Lalu pilih kualitas yang kamu perlukan, makin tinggi pixel makin bagus kualitas video, tapi tentu saja semakin menguras kuota datamu.

  • Tambahkan Video untuk Menontonnya Nanti

Jika kamu sedang sibuk dan tidak punya waktu untuk menonton video YouTube, kamu dapat menambahkan video yang dipilih. Tekan Watch Later tekan Create New Playlist untuk menyimpan video dan menontonnya nanti.

  • Tonton Video 360 Derajat di YouTube

Cari 360 Degree Video di aplikasi YouTube. Pilih video dan saluran 360 Degree untuk menikmati video 360 derajat penuh pada smartphone Android kamu.

  • Simpan Video untuk Menonton Offline

Kamu dapat menonton video di YouTube tanpa koneksi internet dengan fitur offline. Buka video yang ingin disimpan, lalu cari dan tekan tombol download di bawah video. Tinggal tekan dan pilih kualitas video kamu akan di-download di Android kamu.

  • Hapus Riwayat Pencarian Video di YouTube

Selain masalah privasi, membiarkan riwayat pencarian juga dapat menyebabkan memori internal menjadi penuh. Dengan hanya membuka pengaturan di aplikasi YouTube, pilih Privacy lalu Clear Search History, maka seluruh riwayat pencarian akan terhapus.

  • Ubah Lokasi Negara di YouTube

Kamu juga bisa memiliki fitur untuk melihat video berbasis negara. Hal ini dapat membatasi video mana saja yang dapat ditonton jika kamu memilih negara. Caranya cukup mudah hanya Setting lalu General dan pilih Content Location dan pilih lagi negara yang diinginkan.

  1. Jelaskan masing-masing komunitas apa saja yang terbentuk melalui sosial media tersebut beserta aktifitas yg dilakukan melalui sosmed tersebut.

Komunitas The Sims 4 Indonesia yang terdapat pada salah satu media social Facebook berguna sebagai tempat berkumpulnya pecinta permainan The Sims 4. Di komunitas ini kami dapat berbagi tentang dimana saja kita dapat membeli permainan the sims 4, bagaimana cara pemasangan permainan tersebut pada computer, hingga saling memberi informasi jika harga permainan the sims sedang ada promo.

Tidak hanya itu saja, bagi kalian yang memainkan permainan the sims 4 secara tani (bajakan) di komunitas ini akan di share jika versi game terbaru akan rilis hingga tempat-tempat untuk mengunduh permainan tersebut.  Yang saya sangat suka bergabung dengan komunitas ini, para anggota nya sangat aktif dalam memposting gambar atau video tentang orang bahkan bangunan di the sims 4 yang mereka buat. Membuat saya termotivasi untuk bisa membuat bangunan pada the sims yang bagus. Oh ya ada lagi, disana kami juga selalu mendapatkan informasi terbaru tentanga the sims 4, jika kalian pecinta permainan the sims 4, kalian harus banget gabung di komunitas ini.

 

  1. Jelaskan dampak positif dan negatif yang terjadi pada penggunaan media social.

Dampak Positif:

  • Sebagai media komunikasi, mempermudah komunikasi kita dengan orang lain, baik dalam maupun luar negeri.
  • Ajang memperbanyak teman, Dapat menambah teman baru maupun relasi bisnis dengan mudah.
  • Sebagai tempat promosi Dengan banyaknya orang yang menggunakan jejaring sosial, membuka kesempatan kita untuk mempromosikan produk/jasa yang kita tawarkan.
  • Tempat mencari informasi, tidak sedikit instansi pencari berita yang menggunakan media sosial sebagai media penyebarannya.
  • Tempat berbagi, Dengan fitur yanga ada pada media sosial kita dapat dengan mudah saling bertukar data baik berupa foto, dokumen, maupun pesan suara.

 

Dampak Negatif:

  • Munculnya tindak kejahatan, Banyak juga orang yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk melakukan kejahatan seperti contohnya penculikan dan penipuan.
  • Mengganggu hubungan antar pasangan, Media sosial juga dapat memicu kecemburuan antar pasangan jika memang pasangan itu berhubungan yang tidak wajar dengan orang lain.
  • Menimbulkan sifat candu, Media sosial juga dapat menimbulkan candu yang dapat mengakibatkan sifat penggunanya menjadi autis atau lebih menutup diri pada kehidupan sekitar.

 

  1. Kumpulkan berbagai ilustrasi yang populer dipublikasikan pada media social.

a). Facebook

ilustrasi2 ilustrasi1

b). Twitter

ilustrasi3

c). Instagram

ilustrasi6

d). Google Plus

ilustrasi4

e). Youtube

ilustrasi5

 

Sumber:

Sosial Media Terpopuler 2016

http://smallkn0w.blogspot.co.id/2016/03/fitur-fitur-yang-terdapat-pada-facebook.html

http://rocketmanajemen.com/fitur-dasar-twitter/

http://rocketmanajemen.com/fitur-fitur-dasar-instagram/

http://sosialmed.blogspot.co.id/2013/10/mengenal-google-plus-dan-fitur-fiturnya.html#.WCCmFy2LTIU

https://jalantikus.com/tips/inilah-10-fitur-youtube-yang-belum-banyak-diketahui-orang-termasuk-kamu/

http://nusindo.co.id/dampak-positif-dan-negatif-menggunakan-sosial-media/

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Religous. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s