[KARANGAN SEMI ILMIAH] Eksistensi Bahasa Indonesia di Era Globalisasi

EKSISTENSI BAHASA INDONESIA DI ERA GLOBALISASI

 

Bahasa Indonesia adalah bahasa yang di gunakan oleh warga Negara Indonesia. Banyak nya suku, adat dan budaya yang terdapat di Indonesia, dengan menggunakan Bahasa Indonesia mereka dapat berkomunikasi satu sama lain. Dapat dikatakan pula, bahwa Bahasa Indonesia merupakan jembatan yang menghubungkan warga Negara Indonesia dalam berkomunikasi. Bahasa Indonesia merupakan jati diri Negara Indonesia dalam dunia internasional.

Pada era globalisasi yang menyentuh seluruh bidang, termasuk bahasa. Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan yang sangat penting, seperti tercantum pada ikrar ketiga Sumpah Pemuda yang berbunyi Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan , bahasa Indonesia. Ini berarti bahwa bahasa Indonesia berkedudukan sebagai  bahasa nasional.

Era globalisasi yang membuat kemajuan teknologi, membuat seluruh masyarakat merasakan manfaat yang luar biasa. Selain dapat memudahkan masyarakat melakukan kegiatan komunikasi, perjalanan dan belajar mengajar. Karena globalisasi pula hakikat bahasa Indonesia yang baik dan benar pudar.

Sekarang ini penggunaan Bahasa Indonesia telah mengalami penurunan. Maraknya penggunaaan bahasa gaul di kalangan masyarakat mengurangi makna dan nilai dari Bahasa Indonesia tersebut. Tidak heran bahwa masyarakat Indonesia sekarang ini kurang mengetahui Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Selain memberikan manfaat, ternyata kemajuan teknologi juga dapat memberikan dampak yang tidak baik untuk penggunaan Bahasa Indonesia. Melalui media, seperti televisi yang menayangkan beberapa acara, masyarakat lebih tertarik menggunakan bahasa asing bahkan bahasa gaul yang sedang maraknya terjadi. Tanpa kita sadari, pada saat kita bertukar pesan singkat, kita pun sering kali memakai bahasa gaul. Karena bahasa gaul di anggap lebih mudah ketimbang bahasa Indonesia yang baik dan benar. Maka tidak jarang pelajar di zaman ini mulai bosan dalam mempelajari bahasa Indonesia.

Kejadian ini tentu sangat menyedihkan, bukan? Jika kita lihat para pahlawan terdahulu yang bersusah payah menciptakan Bahasa Indonesia, tetapi generasi penerus pada saat ini lebih menyukai bahasa asing dan bahasa gaul untuk di gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sangat menyedihkan dan di sayangkan penerus generasi zaman sekarang kurang peduli dengan bahasa Ibu nya sendiri. Tentu hal ini tidak bisa di biarkan, karena jika rusak nya bahasa Indonesia pasti akan juga berdampak ke perkembangan Negara Indonesia dalam dunia internasional.

Pengaruh alat komunikasi yang begitu canggih harus dihadapi dengan mempertahankan jati diri bangsa Indonesia, termasuk jati diri bahasa Indonesia. Ini semua menyangkut tentang kedisiplinan berbahasa nasional. Disiplin berbahasa Indonesia akan membantu bangsa Indonesia untuk mempertahankan dirinya dari pengaruh negatif asing atas kepribadiannya sendiri. Peningkatan fungsi bahasa Indonesia dalam berbagai bidang ilmu perlu terus dilakukan di berbagai bidang akademik sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Peningkatan mutu pengajaran bahasa Indonesia di sekolah perlu terus dilakukan, agar generasi muda tidak merasa bosan atau lelah dalam mempelajari bahasa Indonesia.

Permasalahan yang saat ini dihadapi juga oleh bangsa kita ini adalah kurangnya kesadaran generasi muda untuk melestarikan dan bangga akan bahasa Indonesia. Dan sebagai Warga negara yang baik adalah mereka yang menghargai dan tidak meninggalkan kebudayaannya terutama bahasanya. Bangsa yang bermartabat adalah bangsa yang rakyatnya menaruh kebanggaan menggunakan bahasanya dibandingkan menggunakan bahasa lain untuk berkomunikasi. Jadilah warga negara baik serta tunjukan pada dunia bahwa eksistensi bahasa indonesia sampai saat ini masih terjaga dan tidak pudar.

 

                                                                                                                                                ZN’s

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Knowledge, Social. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s