[Karangan Ilmiah] Pengaruh Kepadatan Lalu Lintas Terhadap Kesehatan Pengguna Jalan

PROPOSAL PENELITIAN

Pengaruh Kepadatan Lalu Lintas Terhadap Kesehatan Pengguna Jalan

Logo UG

 

Disusun Oleh :

Zulfa Nur

19113678

3KA07

UNIVERSITAS GUNADARMA

2015/201

BAB I PENDAHULUAN

 

1.1 Latar Belakang

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah semakin maju, diantaranya adalah perkembangan transportasi. Namun dibalik kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi masih terdapat berbagai masalah yang mungkin tak terduga sebelumnya. Masalah yang marak terjadi saat ini adalah masalah kemacetan lalu lintas yang telah meresahkan bagi para penggunan jalan raya.

Dizaman milenium ini, arus pergerakan manusia yang cepat telah menjadi kebutuhan utama masyarakat dunia terutama yang hidup di kota-kota besar. Namun hidup di kota besar memang kadang tak bisa lepas dari macetnya lalu lintas yang harus dilalui.

Masalah kepadatan atau kemacetan transportasi lalu lintas memang sering kali terjadi di daerah-daerah perkotaan yang ada di Indonesia. Sehingga tidak heran bila area perkotaan sering terjadi kemacetan karena kepadatan lalu lintas. Saat ini  kemacetan lalu lintas di perkotaan sudah semakin parah. Seiring dengan berjalannya waktu kondisi kemacetan yang terjadi di daerah perkotaan tidak semakin membaik, namun semakin memburuk. Ada banyak kerugian yang akan ditimbulkan bila terjadi kemacetan di jalan raya. Salah satunya adalah mengancam kesehatan pengguna jalan.

1.2 Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, identifikasi masalahnya meliputi dampak yang ditimbulkan pada diri pengguna jalan yang merasakan kepadatan lalu lintas dalam aktivitas sehari-hari.

1.3 Batasan Masalah

Karena pembahasan dari Pengaruh Pengaruh Kepadatan Lalu Lintas Terhadap Kesehatan Pengguna Jalan amat luas, maka kami membatasi permasalahan yang akan dibahas pada makalah ini yaitu :

  1. Pembahasan mengenai Pengaruh Pengaruh Kepadatan Lalu Lintas Terhadap Kesehatan Pengguna Jalan.
  2. Beberapa dampak negatif Pengaruh Pengaruh Kepadatan Lalu Lintas Terhadap Kesehatan Pengguna Jalan.

1.4 Rumusan Masalah

  1. Apa faktor yang menyebabkan kepadatan lalu lintas?
  2. Apa dampak negatif penggunaan gadget?
  3. Bagaimana pengguna jalan mengantisipasi kepadatan lalu lintas?

1.5 Tujuan Penelitian

  1. Pembaca dapat memahami kepadatan lalu lintas yang terdapat di kota besar dengan bijak.
  2. Untuk memberikan informasi mengenai dampak kepadatan lalu lintas terhadap kesehatan.
  3. Untuk memberikan informasi mengenai kepadatan lalu lintas.

1.6 Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dari penelitian ini, adalah mengetahui dampak yang ditimbulkan akibat kepadatan lalu lintas dalam bidang kesehatan. Manfaat makalah ini juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang masalah kemacetan lalu lintas transportasi yang terjadi di daerah perkotaan.

 

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Landasan Teori

Masalah kepadatan lalu lintas atau yang biasa kita kenal dengan kemacetan lalu lintas memang sudah menjadi masalah yang sering terjadi di wilayah perkotaan. Bahkan ini sudah menjadi problem yang serius diwilayah perkotaan. Karena kemacetan selalu memberikan kerugian yang cukup signifikan bagi negara. Masalah kemacetan lalu lintas selalu menyulitkan pemerintah dalam melakukan penanganan. Segala kebijakan pemerintah telah dilakukan namun pada kenyataanya kemacetan belum bisa ditanggulangi. Hal ini dikarenakan kesadaran bagi para pengendara kendaraan yang masih belum sadar dalam menggunakan jalan sebagai sarana transportasi. Selain itu, penyediaan transportasi umum yang seharusnya menjadi transportasi yang dapat mengurangi jumlah kemacetan lalu lintas transportasi di jalan raya juga sangat diperlukan. Namun lagi-lagi karena sarana transportasi umum yang masih jauh dari memadai membuat para pengguna kendaraan lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Tentu ini jelas akan membuat jalan akan lebih macet lagi.

2.1.1    Beberapa Sebab Terjadinya Kepadatan Lalu Lintas

Kemacetan transportasi lalu lintas merupakan suatu masalah yang sering terjadi di wilayah perkotaan. Banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa kemacetan transportasi lalu lintas itu bisa terjadi. Faktor-faktor yang menjadi penyebab kemacetan lalu lintas itu antara lain:

  • Adanya jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas jalan.
  • Adanya pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan raya.
  • Adanya kendaraan yang diparkir sembarangan di pinggir jalan.
  • Beralihnya masyarakat dari menggunakan transportasi umum ke transportasi pribadi.
  • Terjadinya kecelakaan lalu lintas.
  • Adanya perbaikan jalan.
  • Kepanikan untuk mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman akibat peringatan akan terjadinya bencana alam seperti tsunami, tanah longsor, banjir dan lainnya.
  • Adanya bagian jalan yang rusak atau longsor.
  • Ketidak tahuan masyarakat akan aturan lalu lintas.
  • Parkir kendaraan yang tidak tertata baik atau tidak pada tempatnya.
  • Pasar tumpah yang secara tidak langsung memakan badan jalan sehingga pada akhirnya membuat sebuah antrian terhadap sejumlah kendaraan yang akan melewati area tersebut.
  • Pengaturan lampu lalu lintas yang bersifat kaku yang tidak mengikuti tinggi rendahnya arus lalu lintas

2.1.2    Beberapa Dampak Negatif Kepadatan Lalu Lintas Secara Umum

Salah satu masalah yang ada di perkotaan yaitu masalah kepadatan lalu lintas. Masalah kepadatan lalu lintas diperkotaan telah banyak memberikan kerugian bagi berjalannya roda ekonomi suatu negara. Tak jarang masalah-masalah keepadatan ini selalu menjadi masalah yang menyulitkan pemerintah dalam suatu negara untuk membuat kebijakan mengenai lalu lintas.

Ada beberapa macam dampak atau akibat umum yang ditimbulkan dari kepadatan lalu lintas, diantaranya yaitu :

  • Pemborosan bahan bakar kendaraan. Hal demikian dapat terjadi karena kendaraan yang berjalan pelan akan menyita banyak waktu dan energi.
  • Jalanan yang macet juga mudah menimbulkan polusi udara, karena pada kecepatan rendah konsumsi energi lebih tinggi, dan mesin tidak beroperasi pada kondisi yang optimal.
  • Akan mengganggu aktivitas ekonomi, misalnya aktivitas pengiriman barang.
  • Menggangu kendaraa Darurat. Seperti : Ambulance dan Pemadam Kebakaran pada saat waktu yang genting.

2.1.3    Beberapa Dampak Negatif Kepadatan Lalu Lintas Terhadap Kesehatan Pengguna Jalan

Terlalu sering menghadapi kemacetan dan polusi udara bisa berdampak serius terhadap kesehatan fisik, berbagai penyakit mulai dai flu biasa, batuk, mudah lelah, stress dan bahkan gangguan emosional.

Pada dasarnya macetnya lalu lintas bisa berdampak hampir di seluruh tubuh. Berikut ini beberapa dampak kepadatan lalu lintas terhadap kesehatan pengguna jalan yaitu:

  • University of Southern California yang menganalisis efek polusi udara terhadap kesehatan otak 7.500 wanita di 22 negara bagian di Amerika Serikat, melaporkan bahwa gas buangan kendaraan bermotor dapat memengaruhi kapasitas mental, inteligensi, dan stabilitas emosi.
  • Berdasarkan hasil penelitian di Belanda, menghirup asap kendaraan bermotor selama 30 menit dapat meningkatkan intensitas kerja otak yang memengaruhi perilaku, kepribadian, kemampuan mengambil keputusan, dan meningkatkan stres.
  • Berdasarkan penelitian yang dilakukan di New York, Boston, Beijing, dan Krakow didapatkan bahwa anak-anak yang tumbuh di sekitar daerah dengan emisi CO2 yang tinggi memiliki tingkat inteligensi yang lebih rendah. Mereka juga lebih mudah mengalami depresi, kecemasan, dan kesulitan konsentrasi. Selain anak-anak, orang dewasa pun dapat merasakan pengaruh dari emisi CO2, yaitu mengalami masalah ingatan dan pikiran, serta kemungkinan meningkatnya risiko terkena penyakit Alzheimer dan Parkinson.
  • Tingkat polusi udara yang tinggi akibat kendaraan bermotor juga memengaruhi kandungan. Heather Volk dari USC Keck School of Medicine menemukan bahwa ibu-ibu yang tinggal 1.000 kaki dari jalan raya di Los Angeles, San Francisco, dan Sacramento kemungkinan besar akan melahirkan anak dengan gangguan autisme.
  • Traffic Stress Syndrome

Situasi ini ditandai dengan beberapa gejala fisik seperti telapak tangan berkeringat, peningkatan denyut jantung, sakit kepala dan mual, sehingga mempengaruhi seseorang dalam mengambil keputusan.

  • Gangguan neuroplasticity

Polusi udara yang buruk secara signifikan menjadi penghalang asupan darah ke otak, korteks serebral dan sel glia di otak, yang semuanya bisa menyebabkan gangguan jangka panjang. Paparan polusi udara cenderung berdampak parah pada IQ anak-anak serta meningkatkan risiko epilepsi.

 

BAB III METODE PENELITIAN

3.1 Landasan Teori

  1. Waktu Penelitian     : 24 April 2016
  2. Tempat Penelitian   : Cijantung, Jakarta Timur
  3. Populasi Penelitian : Peserta Car Free Day Cijantung
  4. Sampel Penelitian   : 10 Peserta Car Free Day

3.2 Metode Penelitian

Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis. Dengan mengumpulkan informasi secara faktual, akurat, dan terperinci mengenai fakta yang menitikberatkan pada observasi dan suasana ilmiah. Dengan mencari teori serta data yang berhubungan dengan pengaruh telepon genggam pada kesehatan. Dengan mengambil 10 sampel orang dari peserta car free day mengenai tanggapan mereka tentang Pengaruh Kepadatan Lalu Lintas Terhadap Kesehatan Pengguna Jalan. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara membagikan lembar kuesioner yang akan diisi oleh peserta car free day tersebut.

3.3 Instrumen Penelitian

Instrumen penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut :

3.3.1   STUDI PUSTAKA

Teknik studi pustaka dilakukan untuk pengumpulan data melalui buku-buku dan internet yang dijadikan sebagai sumber.

3.3.2   TEKNIK ANGKET (KUISIONER)

Dalam penelitian ini melakukan pengumpulan data dari pertanyaan yang diberikan kepada peserta untuk menggali data sesuai dengan permasalahan penelitian.

3.3.3   TEKNIK OBSERVASI

Melakukan observasi dengan melihat dokumen-dokumen dan meninjau langsung bagaimana Pengaruh Kepadatan Lalu Lintas Terhadap Kesehatan Pengguna Jalan sehingga diperoleh data yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas.

3.4 Teknik Analisis Data

Dari data yang telah ada akan ditelaah secara menyuluruh. Pada penelitian ini akan dilihat hasil kuesioner yang diisi oleh 10 orang peserta car free day untuk mengetahui tanggapan dari mereka Pengaruh Kepadatan Lalu Lintas Terhadap Kesehatan Pengguna Jalan. Setelah itu data akan dianalisa dengan mengkategorikan data tersebut untuk menarik suatu kesimpulan dari hasil analisa ini.

3.5 Hasil Kuisioner

No. Pertanyaan Tanggapan
Ya Tidak
1.        Apakah Anda memiliki kendaraan pribadi? 9 1
2.        Apakah Anda memiliki rasa sakit fisik ketika terjadi kepadatan lalu lintas? 7 3
3.        Apakah Anda merasakan rasa sakit itu berulang setiap terjadi kepadatan lalu lintas? 5 5
4.        Apakah Anda menjadikan kepadatan lalu lintas sebagai masalah sehari-hari? 8 2
5.        Apakah  kepadatan lalu lintas menggangu aktifitas anda? 10 0

 

BAB IV PENUTUP

 

4.1 Kesimpulan

Kepadatan lalu lintas merupakan masalah yang semakin lama semakin kompleks di wilayah perkotaan. Masalah tersebut terjadi karena jumlah kendaraan yang beredar di jalan raya semakin bertambah setiap tahunnya, dalam hal ini jumlah kendaraan yang bertambah tidak diimbangi dengan kapasitas badan jalan yang bisa menampung seluruh kendaraan yang ada.

Melihat kemacetan yang semakin parah dari tahun ke tahun,hal ini merupakan masalah serius yang harus di atasi semua masyarakat, dan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Dengan pajak yang di peroleh dari kendaraan bermotor, seharusnya perkembangan jalan sesuai dengan pertumbuhan kendaraan. Separti pelebaran jalan, perbaikan jalan, memperbaiki rambu-rambu lalu lintas dan memperbaiki traffic light yang rusak. Tempat halte juga seharusnya di buat aman dan nyaman agar masyarakat menunggu angkutan umum tepat pada tempatnya.

Berdasarkan analisa yang telah dilakukan penulis dapat disimpilkan bahwa Pengaruh Kepadatan Lalu Lintas Terhadap Kesehatan sangat berbahaya untuk kesehatan pengguna jalan tersebut. Sebagai pengguna jalan, kita harus lebih pandai lagi dalam mencari informasi mengenai sebab dan akibat kepadtan lalu lintas yang berpengaruh terhadap kesehatan pengguna jalan. Karena kesehatan sangat mahal harganya apabila kita tidak mengetahui penyakit apa saja yang dapat ditimbulkan oleh pengaruh kepadatan lalu lintas. Semua itu kembali lagi kepada pengguna jalan, penulis telah berusaha menyampaikan informasi yang baik dalam makalah ini. Semoga makalah ini dapat dipahami oleh semua pembaca agar lebih berhati-hati dalam berkendara.

 4.2 Saran

Sebagai pemakai gadget yang bijak kita harus perhatikan diri sendiri dalam menggunakan gadget. Karena jika sudah terjadi masalah pada kesehatan, diri sendiri yang akan merugi. Semoga di komunitas-komunitas akan di lakukan sosialiasai mengenai Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan Pemakai, agar lebih terbuka pikiran pemakai gadget akan kepeduliannya terhadap kesehatannya sendiri.

DAFTAR PUSTAKA

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Knowledge, Social. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s