Curriculum Vitae

image8Ketika seseorang telah berhasil menyelesaikan masa studinya, baik di jenjang sekolah menengah maupun universitas, maka langkah selanjutnya adalah memasuki dunia kerja. Untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, kita biasanya akan mengajukan lamaran kepada instansi atau perusahaan tertentu. Oleh karena itu, kita pastinya akan membutuhkan yang namanya surat lamaran kerja yang disertai dengan daftar riwayat hidup atau CV (Curriculum Vitae).

 

Apasih Curriculum Vitae itu?

Curriculum Vitae adalah gambaran diri kita sebagai pelamar.  Curriculum Vitae adalah hal pertama yang dilihat perusahaan dari diri seorang pelamar saat melamar sebuah pekerjaan.  Keberadaan Curriculum Vitae sangatlah penting, karena lewat Curriculum Vitae itulah perusahaan mendapat kesan pertama mengenai kita.  Seperti hal nya apa yang kita tulis di Curriculum Vitae adalah usaha kita dalam self-branding dan memasarkan keahlian diri, sehingga kita terpilih menjadi orang yang tepat dalam mengisi posisi kerja yang dibutuhkan dalam suatu perusahaan.

image6

Disamping sebagai syarat dalam melamar pekerjaan, Curriculum Vitae juga digunakan sebagai persyaratan berbagai keperluan lain seperti untuk mengajukan beasiswa, memberikan profil pribadi untuk suatu acara ataupun keperluan lainnya.

 

Lalu apakah fungsi dari Curriculum Vitae?

  • Mempermudah mengevaluasi kompetensi dan bakat pelamar yang memiliki relevansi dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki dengan cara realistis dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tingkat relevansinya tergantung dari teknik evaluasi yang dilakukan pelamar.

 

Hal-hal apa yang harus di cantumkan dalam pembuatan Curriculum Vitae?

Curriculum Vitae merupakan alat kunci yang dibutuhkan untuk melangkah ke jalur profesional. Karena itu, luangkanlah waktu Anda sebagai Pelamar untuk menyusunnya dengan benar. Karena tidak sedikit pelamar kerja yang memiliki potensi bagus namun mengalami kegagalan pada tahap administrasi hanya karena tidak mampu menunjukkan siapa dirinya di dalam Curriculum Vitae, sehingga perusahaan tidak tertarik untuk melanjutkan proses seleksi selanjutnya

Berikut ini adala beberapa hal dan cara yang harus diperhatikan dalam membuat Curriculum Vitae:

  • Data Pribadi
    Bagian ini berisi nama, alamat, email, nomor handphone, foto dan identitas pribadi lainnya. Sangatlah penting bagi pelamar untuk selalu mencantumkan nomor kontak atau email pelamar, karena itu adalah satu-satunya cara perusahaan yang merekrut bisa menghubungi pelamar kembali jika sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.
  • Pendidikan
    Bagian ini menjelaskan mengenai latar belakang pendidikan dan hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar. Cantumkan pendidikan dari SMU ke atas termasuk jika ada pendidikan non formal khusus yang Anda ikuti.
  • Pengalaman Kerja

Bagian ini merupakan bagian yang paling sering diperhatikan oleh perusahaan yang merekrut.

Pengalaman kerja memberikan gambaran apakah seorang kandidat sudah memiliki jam terbang yang cukup atau masih terbatas. Oleh karena itu pelamar harus menjelaskan secara detail apa yang pelamar kerjakan, nama perusahaan tempat kerja sebelumnya, posisi pelamar, dan pekerjaan yang pelamar lakukan sehari-hari (job description). Informasi ini akan membantu memahami cakupan kerja yang dilakukan, keterampilan yang dimiliki serta bisa memperkirakan nilai tambah yang dimiliki seorang kandidat.

  • Keterampilan Yang Dimiliki

Sebisa mungkin hindari penulisan keterampilan seperti : mampu berkomunikasi dengan baik, dapat bekerja dalam tim, cepat belajar hal yang baru. Penjelasan seperti itu tidak memberikan nilai tambah karena semua kandidat juga melakinkukan hal yang sama. Mungkin dalam bagian ini Anda bisa menambahkan keterampilan Anda dalam berbahasa lebih dari sau bahasa atau keterampilan dalam menggunakan applikasi-aplikasi computer.

  • Training Yang Pernah Diikuti

Masukkan daftar pelatihan/training apa saja yang pernah pelamar ikuti sebelumnya  untuk memberi gambaran sejauh mana Anda telah berkembang dan wawasan apa saja yang sudah dimiliki. Jangan masukkan semua training karena jumlahnya akan sangat panjang. Pilih yang relevan dan sesuai dengan target pada organisasi yang dituju.

  • Prestasi

Ini adalah bagian yang penting disamping Pengalaman Kerja yang menjelaskan keunikan sebagai individu sekaligus menarik bagi seorang rekruter untuk digali lebih jauh. Pelamar bisa menjelaskan secara singkat prestasi di pekerjaan, pendidikan ataupun dalam bidang kemasyarakatan lainnya.

  • Kegiatan Ekstrakurikuler/Kemasyarakatan

Dengan mencantumkan ini akan menunjukkan bahwa pelamar bisa membagi waktu dan memiliki wawasan yang lebih luas, tidak hanya sebatas pekerjaan.

 

Bagaimana Membuat Curriculum Vitae yang Efektif dan Menarik?

Curriculum Vitae merupakan komponen wajib bagi job seeker untuk mencari kerja. Namun, banyak job seeker sering terlupa menyertakan beberapa hal, sehingga CV nya terlihat biasa saja.

Nah, berikut ini beberapa hal yang harus kamu tuliskan pada CV untuk lebih menarik perusahaan.

  • Rapi dan Mudah Dibaca

Penampilan Curriculum Vitae tentu akan menjadi kesan pertama apakah pembaca ingin melanjutkan ke tahapan selanjutnya atau menyerah sebelum membaca apa yang ada di dalamnya. Kerapian dapat menggambarkan seseorang yang tertib, teratur, sistematis juga kemampuan bekerja-sama dengan orang lain.

Jadi pastikan Anda menggunakan huruf dengan ukuran normal, spasi jangan terlalu rapat, margin tidak konsisten, atau ejaan yang banyak kesalahan.

  • Memberikan Informasi Lengkap

Curriculum Vitae yang efektif adalah yang selalu memberikan informasi lengkap dan relevan kepada orang yang membacanya. Gunakan gaya bahasa formal dan kalimat-kalimat yang sederhana serta konsisten dalam seluruh dokumen anda. Dan tulislah Curriculum Vitae dengan jujur dan akurat.

  • Disajikan Secara Ringkas

Curriculum Vitae memang harus menyajikan informasi secara lengkap, tapi bukan berarti Curriculum Vitae Anda harus panjang sampai 10 halaman. Cobalah Anda memaparkan informasi penting, detail dan relevan terhadap pekerjaan yang dituju hanya dalam 1-2 halaman.

  • Konsistensi Karir

Yang dimaksud dengan Konsistensi Karir disini adalah tidak berubah-ubah dalam jenjang karir. Jadi Anda tetap terus menjalankan apa yang sudah menjadi kemampuan Anda. Jika Anda memiliki spesialisasi dalam bidang Komputer, maka konsistenlah dalam bidang tersebut. Karena pihak perusahaan lebih memilih orang yang konsisten dalam karir.

  • Karir Progresif

Karir Progresif berarti menunjukkan karir dalam suatu bidang mengalami kemajuan. Karena jika karir Anda progresif maka perusahaan akan menganggap bahwa Anda bisa memberikan performa yang terbaik dalam bidang Anda

  • Achievement

Jangan pernah ragu untuk mencantumkan pencapaian prestasi yang diukir dalam tiap jabatan atau posisi yang ditempati sebelumnya. Inilah kesempatan terbaik untuk menjual bukti kemampuan dan kompetensi yang sesungguhnya kepada pihak perusahaan yang merekrut.

  • Custom Made

Yang dimaksud custom made disini adalah mengubah dan menyesuaikan Curriculum Vitae agar sedapat mungkin menunjukkan kepada pihak perusahaan yang merekrut bahwa kemampuan dan kompetensi yang Anda miliki memang menyamai atau mendekati persyaratan kerja yang dicari oleh pihak perusahaan.

 

Sumber:

http://www.gajimu.com/main/tips-karir/kiat-pekerja/curriculum-vitae-resume-yang-efektif-dan-menarik

http://suryosumarto.com/7-syarat-membuat-cv-atau-resume-yang-menjual/

http://news.okezone.com/read/2015/09/28/65/1221776/hal-yang-harus-disertakan-dalam-cv

http://news.okezone.com/read/2015/10/06/65/1227235/menulis-cv-tanpa-bingung

Loewen, Curtis E.2011 Guide for job search-Panduan mencari kerja. Gramedi Pustaka Utama. Jakarta

 

Kelompok 14, Bahasa Indonesia

Omega Shintauli 16113789

Zulfa Nur 19113678

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Curriculum Vitae, Knowledge, Melamar Pekerjaan, Social. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s