Tak rugi Donor Darah yang hanya Sekali dalam Tiga Bulan

 Kegiatan mendonorkan darah selain memberikan manfaat untuk orang lain, ternyata juga berguna bagi diri sendiri, terutama untuk kesehatan. Selain masalah kemanusian, alasan medis agar kita rajin mendonorkan darah. Apa ruginya Anda menyumbangkan darah? Selain luka kecil dilengan, pada dasarnya yang sehat tidak akan terlalu banyak kehilangan. Dalam keadaan normal, tubuh yang sehat dapat meregenerasi darah, sehingga darah tidak akan habis saat donor, Anda hanya perlu menyumbang sekitar 350 ml (hanya 11%) dari total darah yang ada dalam tubuh.

Bukan hanya bisa membantu orang lain dengan mendonorkan darah, tubuh Anda akan menjadi lebih sehat. Berikut beberapa alasan kesehatan yang akan membuat Anda lebih berani untuk mendonorkan darah.

  • Lahir darah baru yang sehat. Regenerasi sel darah merah akan lebih cepat terjadi sehingga kualitas sel darah merah yang beredar akan lebih baru dan berkualitas dalam tubuh pendonor.
  • Terhindar dari serangan stroke. Donor darah dapat mengurangi kadar besi teroksidasi dalam darah sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya stroke pembuluh darah.
  • Berat badan menurun. Proses donor darah dapat mengurangi berat badan karena terdapat pembakaran sekitar 500 kalori.
  • Pemeriksaan kesehatan secara berkala terhadap penyakit Hepatitis B, Hepatitis C, HIV, dan sifilis jika donor darah dilakukan secara rutin.

Satu tetes menyelamatkan nyawa dan itu pasti!! Kebutuhan darah semakin tinggi karena meningkatnya penyakit keganasan, proses kelahiran anak berisiko, kasus bedah, Thalasemia, Hemofili, dan beberapa penyakit  yang  membutuhkan tranfusi darah untuk penanganannya. I do really want to help! Nyawa dan kehidupan sangat berarti! Saat hidupku bisa memberikan arti disanalah terlihat aku berguna dilahirkan.

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Knowledge, Social. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s