Sering Marah-marah ? Apa sajasih Dampak Buruknya?

Pastinya kalian semua pernah marah-marah dong? Setiap orang pasti pernah merasakan atau mengalami hal yang biasa disebut marah . Apalagi pada saat kita lagi asik-asiknya maen games & utak atik smartphone terbaru, tiba-tiba orangtua kita menyuruh kita untuk membantu membelikan sesuatu, kita merasa terganggu pada saat itulah kita marah-marah kerena emosi yang sudah tidak dapat tertahan lagi sehingga emosi tersebut meluap dan meledak ledak. setiap manusia memiliki batas kesabaran, akan tetapi marah juga bisa menjadi hal yang sangat buruk dan merugikan bagi kita sendiri. Apa kalian tidak berfikir jika kita keseringan marah dapat berdambak buruk bagi kesehatan?

Kira-kira apa saja ya dampak buruk sering marah-marah?

  1. Menyebabkan Stres

Orang yang sering marah-marah pasti memiliki kecenderungan  stres yang lebih dan jauh dari rasa bahagia dibandingkan dengan orang yang jarang marah. Dan dari stres tersebut dapat timbul hal lain yang tentunya buruk seperti menimbulkan tekanan darah tinggi, tekanan mental dan emosi yang tidak terkendali.

 

  1. Cepat Capek

Orang yang sedang marah tentunya akan mengeluarkan energi yang cukup besar. Dalam proses tersebut, hormon stres akan meningkat dan pada akhirnya akan menguras habis energi yang ada di dalam tubuh.

 

  1. Menyebabkan Peradangan dan Nyeri Otot

Saat sedang marah-marah, seseorang akan melepaskan hormon yang disebut kortisol. Dalam ilmu kedokteran pelepasan yang disebut kortiosl tersebut dapat menyebabkan otot untuk melenturkan dan menerima serangan energi dalam beberapa detik. Sehingga pada akhirnya, tubuh akan rentan terhadap nyeri ototdalam jangka panjang

 

  1. Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Mungkin akibat yang satu ini sudah pasti sangat familiar. Orang yang sering marah-marah pasti memiliki tekanan darah tinggi. Saat marah maka yang akan terjadi adalah seketika tekanan darah meningkat dan irama napas menjadi cepat. Pada beberapa kasus, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan sakit kepala mendadak.

 

  1. Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Ternyata pikiran dan kondisi mental seseorang sangat memiliki dampak yang besar terhadap kekebalan tubuh seseorang.

 

  1. Resiko Stroke

Tekanan darah tinggi yang terjadi saat sedang marah dapat mengakibatkan terjadinya stroke otak. Stroke otak terjadi ketika satu atau lebih pembuluh darah di otak pecah. Hal ini sangat terjadi ketika kemarah tersebut membuat tekanan darah menjadi sangat tinggi. Stroke otak dapat membunuh dan meumpuhkan seketika.

 

  1. Sakit Kepala

Sakit kepala juga bisa melekat pada anda yang sering marah-marah. Ketika marah maka pembuluh darah di otak akan berdenyut liar. Hal ini dapat memicu rasa sakit di kepala.

 

  1. Gangguan Pencernaan

Saat sedang marah maka kadar asam lambung akan meningkat. Hal ini dapat memicu berbagai penyakit di pencernaan seperti refluks asam, maag, atau sembelit.

 

  1. Gangguan Pernapasan

Ternyata marah dapat mengakibatkan gangguan pernapasan. Orang yang sedang marah-marah akan merasa sulit bernapas ketika sedang marah. Kemarahan juga dapat memicu serangan asma dan membuat napas seseorang terengah-engah.

 

Jika Anda memiliki temperamen buruk,lakukan berpikir tentang efek samping.
Bersantai dan menjaga tingkat stres Anda di bawah control. Hal ini akan membantu untuk mengurangi temperamen buruk anda.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Religous. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s