[RESUME] Konflik Dalam Organisasi Masyarakat

Dalam berorganisasi tidak selalu berjalan dengan lancar atau sesuai yang kita harapkan, pasti terdapat masalah-masalah yang tak terduga. Konflik didalam suatu organisasi tidak selalu terjadi antara sesama anggota kelompok, namun konflik bisa juga terjadi antara anggota kelompok dengan ketua kelompok, bahkan konflik dapat terjadi antara seseorang dengan suatu kelompok(organisasi). Konflik dapat terjadi karena sebuah perbedaan; antara lain perbedaan pendapat, perbedaan pandangan/tujuan, bahkan terjadi kesalah pahaman dalam menerima pendapat.

Konflik dalam organisasi tidak selalu mendatangkan dampak negative loh, ternyata konflik dalam organisasi dapat mendatangkan hal positif juga. Dampak positif dari terjadinya konflik dalam organisasi adalah; konflik dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam mengatasi masalah dalam organisasi, meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengatasi setiap perbedaan dalam organisasi, meningkatkan kemampuan diri untuk bersosialisasi walaupun terdapat perbedaan diantara mereka dan konflik dapat membuat seseorang menjadi pengertian dalam mengambil tindakan.

Sedangkan konflik dalam organisasi antaralain, adalah; mudah membuat individu stress yang mengalami konflik tersebut, pekerjaan jadi terbengkalai karena konflik, membuat individu tersebut malas berkomunikasi dengan lawannya, banyak waktu yang terbuang hanya untuk menyelesaikan konflik.

Konflik yang terjadi dalam organisasi tidak dapat dibiarkan begitu saja, karena bila dibiarkan begitu saja dapat merugikan banyak hal, misalkan organisasi tersebut terancam bubar dan lain sebagainya. Adapun cara-cara untuk mengatasi konflik dalam organisasi, yaitu; hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari akar masalah, saling terbuka dengan pendapat masing-masing individu, menjaga komunikasi yang baik, dan seorang ketua organisasi harus adil dalam mencari jalan keluar untuk konflik dalam organisasi tersebut.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Knowledge, Social. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s