[RESUME] Arti Pentingnya Komunikasi dalam Oganisasi

Komunikasi adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dengan individu dan individu dengan kelompok yang medapatkan timbal baliknya. Komunikasi merupakan kegiatan yang sangat penting dalam berorganisasi, karena melalui komunikasi informasi, ide-ide, pendapat, peraturan dan keputusan dapat tersampaikan. Pengaruh besar yang terdapat dari komunikasi didalam organisasi yaitu; meningkatkan kedisiplinan, kerja sama yang baik, saling pengertian dan rasa bertanggung jawab diantara anggota organisasi tersebut.

Komunikasi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu komunikasi Verbal dan Non Verbal. Komunikasi verbal adalah komunikasi secara lisan yang terjadi antara seseorang dengan orang lain melalui tatap muka dan melalui telpon. Sedangkan komunikasi Non Verbal adalah komunikasi yang bersifat penyampaian informasi tertulis. Bahkan komunikasi mempunyai formal dan informal. Komunikasi formal merupakan penyampaian informasi yang sumbernya resmi, sedangkan informasi informal terjadi melalui mulut ke mulut bisa dibilang kabar burung, sehingga kebenarannya tidak dapat dipastikan.

Hambatan yang sering terjadi dalam komunikasi adalah keterbatasan fasilitas komunikasi, cara berkomunikasi yang kurang baik (cara berbicara masih terbawa logat daerah asal, sehingga membuat salah paham lawan komunikan), kondisi fisik komunikan (komunikan cadel dalam pengucapan dapat mengakibatkan salah pemahaman), Pemimpin otoriter (tidak mau menerima pendapat dari anggota organisasinya) dan Sifat egois (sifat ini bisa terjadi dalam pengambilan pendapat-pendapat diantara anggota oraganisasi) .

Cara mengatasi hambatan dalam berkomunikasi adalah dengan saling memahami perbedaan antara sesama anggota dan anggota dengan ketua, menambah fasilitas yang masih kurang, memberi pendapat kepada ketua untuk tidak otoriter, dan merubah sifat-sifat yang tidak baik untuk mengurangi hambatan-hambatan dalam organisasi tersebut dan pemimpin harus bisa mengarahkan anggota dalam berkomunikasi.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Knowledge, Social. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s