Tanggung Jawab Manusia di Dunia

A. PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB

Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang sengaja maupun yang tidak disengaja. Banyak sekali pendapat tentang arti dari tanggung jawab tersebut, begitu pula dengan saya, menurut saya arti dari tanggung jawab adalah tugas yang berhak dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan sesuatu. Misalnya seorang ayah harus menjalankan tugasnya yaitu bekerja agar ia dapat menafkahi keluarganya. Bila sang ayah malas dalam mencari nafkah, keluarganya akan susah untuk makan, membayar keperluan rumah tangga bahkan kebutuhan sekolah anaknya.

Timbulnya tanggung jawab itu karena manusia itu hidup bermasyarakat dan hidup dalam lingkungan alam. Manusia tidak boleh berbuat semaunya terhadap manusia lain dan terhadap alam lingkungannya. Tanggung jawab itu bersifat kodrati, sudah menjadi bagian menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani tanggung jawab. Tanggung jawab adalah cirri manusia beradab (berbudaya). Untuk memperoleh atau meningkatkan kesadaran bertanggung jawab perlu ditempuh usaha melalui pendidikan, penyuluhan, keteladanan, dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

B. MACAM-MACAM TANGGUNG JAWAB

Manusia itu berjuang memenuhi keperluannya sendiri atau keperluan pihak lain. Dengan demikian tanggung jawab itu dapat dibedakan menurut keadaan manusia atau hubungan yang dibuatnya. Beberapa jenis tanggung jawab, yaitu :

a)      Tanggung jawab terhadap diri sendiri

Tanggung Jawab diri

Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Dengan demikian bisa memecahkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri. Oleh karena itu, sudah seharusnya sebagai manusia kita menimalisir hal-hal negative yang bisa merugikan.

b)      Tanggung jawab terhadap keluarga

Keluarga adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang paling menyayangi kita. Mereka tetepa mencintai dan mendukung kita meski kita melakukan kesalahan. Sebagai seorang anak kita harus menjaga nama baik keluarga dengan melakukan hal-hal yang positif. Sedangkan orangtua kita harus bertanggung jawab terhadap kesejahteraan, keselamatan, kenyaman, serta kebutuhan anak-anak. Mereka harus memastikan bahwa semuanya akan bisa terpenuhi dan membuat anak-anak menjadi nyaman.

c)       Tanggung jawab terhadap masyarakat

Pada dasarnya manusia adalah mahluk social yang tidak bisa hidup tanpa bantuan dari orang lain. Sebagai manusia kita wajib memelihara hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar dan pastikan bahwa hal yang kita lakukan itu tidak merugikan untuk orang lain.

d)      Tanggung jawab kepada Bangsa/Negara

Setiap manusia adalah seorang warga Negara, kita harus berpikir, berbuat, bertindak dan bertingkah laku sesuai dengan aturan atau norma-norma yang dibuat oleh Negara. Manusia tidak boleh berbuat semaunya karena apabila berbuatannya itu melanggar aturan-aturan, ia harus siap menerima akibatnya.

e)      Tanggung jawab terhadap Tuhan

Tuhan menciptakan manusia tentu ada alasannya, tentu saja untuk beribadah kepada-Nya. Karena setiap agama yang terdapat di dunia mengajarkan manusia untuk selalu mengabdi kepada-Nya dengan caranya masing-masing. Agama menjadi pegangan bagi orang yang taat agar tidak salah jalan. Perintah dan larangan-Nya pun bila kita kerjakan akan mendapat imbalannya masing-masing.

C. PENGABDIAN DAN PENGORBANAN

Pengabdian dan pengorbanan sangat berkaitan dengan tanggung jawab, keduanya menjadi bentuk lain pembuktian bahwa seseorang menyadari kewajiban dalam menjalani tanggung jawab dengan baik dan ikhlas.

A. Pengabdian

Pengabdian merupakan bentuk kesetiaan dan loyalitas, hal ini yang harus kita tunjukkan jika berhubungan dengan masalah tanggung jawab. Jadi, apabila dalam setiap kesempatan kita harus berusaha melakukan dan memberikan pekerjaan yang terbaik.

 B. Pengorbanan

Pengorbanan merupakan hal yang segala sesuatu kita kerjakan harus dengan ikhlas. Seberat apapun itu harus kita jalani dan kita harus melakukannya dengan senang hati.

Kesimpulan :

Dalam melakukan tanggung jawab kita harus melakukannya dengan sungguh-sungguh dan senang hati, karena tanggung jawab itu bukan hanya manusia lain yang akan menilainya, Tuhan pun akan menilainya. Selama kita hidup pasti kita akan terus dibebani tanggung jawab, jadi melalui latihan yang panjang itu kita akan mengerti bahwa melakukan tanggung jawab itu harus ikhlas, karena baik buruknya tanggung jawab yang kita lakukan resikonya akan kembali lagi ke diri kita sendiri.

 

Referensi :

Buku Ilmu Budaya Dasar Bab IX Universitas Gunadarma

http://www.anneahira.com/tanggung-jawab.htm

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Religous. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s