Siswa SMP Bikin Sabun “All in One” dari Klerak

klerak

KOMPAS.com – Air merupakan salah satu elemen penting yang dibutuhkan dalam kehidupan di Bumi. Pencemaran air akibat penggunaan bahan (residu) kimia beracun salah satunya dari deterjen, dapat merusak keanekaragaman hayati yang hidup di dalamnya.Siswa-siswi SMPK Santo Stanislaus, Surabaya, bekerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup setempat memiliki proyek untuk menjaga serta mempelajari tanaman klerak sebagai pembersih dan biopeptisida. Klerak bisa dijadikan produk deterjen alami, yang bernilai ekonomi pula.
Menurut Lili Andajani, pengajar biologi di SMPK Santo Stanislaus mengatakan proyek ini sudah dijalankan di sekolah sejak 2012. Kini di samping menanam biji klerak, mereka juga sudah punya toko untuk menjual produk yang dihasilkan. Pun sudah pernah ada siswa yang mengunjungi tempat mereka guna studi banding dari luar daerah, seperti dari Korea.
“Manfaat klerak banyak sekali. Tanamannya dapat dijadikan sebagai tanaman peneduh yang berfungsi menyaring udara kotor dan mengurangi polusi udara,” terangnya Kamis (7/11/2013).
Uniknya tatkala para siswa memulai proyek ini dari pelajaran di dalam kelas, yaitu pelajaran seputar kimia dalam kehidupan. Akhirnya tercetus ide memanfaatkan klerak, sebagai bahan pembersih alami untuk menggantikan deterjen yang tidak ramah lingkungan.
Klerak (Sapindus rarak) sudah semakin berkurang keberadaannya. Sabun klerak selain sebagai deterjen pakaian, juga dapat menjadi sabun untuk mencuci tangan, cuci piring, losion antinyamuk, pembersih kaca, hingga obat menghilangkan jerawat (komedo).

Berikutnya, Lili berujar, “Kami akan membuat tempat pembibitan sendiri. Kalau bisa juga kampanye lebih banyak ke sekolah-sekolah ataupun lembaga lain, supaya lebih banyak menularkan.” (Gloria Samantha/National Geographic Indonesia)

Sumber:

http://sains.kompas.com/read/2013/11/10/2129596/Siswa.SMP.Bikin.Sabun.All.in.One.dari.Klerak

Opini :

Menurut pendapat saya, ini merupakan inovasi yang sangat keren! karena seperti yang diketahui oleh kaum Ibu, biji klerak biasa digunakan sebagai bahan untuk mencuci baju batik dari bahan sutera yang dapat menjaga warna tidak pudar. Ternyata klerak dapat menggantikan detergen, sabun baju, sabun cuci tangan, lotion anti nyamuk bahkan kosmetik kecantikan wanita. Ini sangat membantu dalam mengurangi pencemaran air, karena pembuangan air melewati sungai dan akan berakhir di laut, juga menjaga biota sungai, danau dan laut dari zat kimia. Harapan saya agar pemerintah dapat memajukan inovasi/program yang telah dibuat oleh Siswa-siswi SMPK Santo Stanislaus dalam melestarikan tanaman klerak.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Knowledge. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s