Sebanyak 24 Pulau Terluar Dijanjikan Teraliri Listrik pada 2014

ListrikKompasJAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Ahmad Helmi Faishal Zaini mengatakan, tahun depan 24 pulau terluar yang tersebar di 8 provinsi di Indonesia bakal dialiri listrik.

Tak hanya itu, ia juga memastikan penduduk di pulau-pulau tersebut juga bisa mengakses air bersih. “Tahun depan kami akan penuhi 100 persen penyediaan listrik dan air bersih. Tidak sampai Rp 1 triliun,” kata Helmi dalam Rakernas Kadin di Jakarta, Senin (28/10/2013).
Helmi mengatakan, jika indikator ketertinggalan adalah elektrifikasi, maka daerah-daerah yang dialiri listrik kurang dari 40 persen termasuk kategori daerah tertinggal. Helmi mengatakan dari 92 pulau terluar, 66 diantaranya berpenghuni dan yang termasuk tertinggal sebanyak 24 pulau. 

Sayangnya, lanjut dia, dari indikator ini saja, tidak terlihat prioritas negara untuk membangun daerah tertinggal. Padahal menurut perhitungannya, untuk mengaliri listrik dan air bersih di daerah tersebut hanya Rp 1 triliun, angka yang cukup kecil dibanding APBN yang sebesar Rp 1.600 triliun.

“Untuk pulau terluar saja tidak bisa. Kita hitung betul. Insya Allah tahun akan datang kita penuhi,” ucapnya.

Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/10/28/1748508/Sebanyak.24.Pulau.Terluar.Dijanjikan.Teraliri.Listrik.pada.2014

 

Opini: Menurut saya ini sebuah kabar baik untuk kota-kota terpencil yang belum teraliri listrik, karena dengan adanya listrik perkembangan teknologi informasi akan segera dapat dirasakan oleh masyarakat disana. Agar dapat menyusul perkembangan teknologi informasi seperti yang terdapat di kota-kota besar, walaupun sangat berbeda jauh.

Namun sangat disayangkan masih membutuhkan beberapa bulan mereka baru akan merasakannya, karena proses pembangunan lisrik tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dan juga sangat disayangkan fokus pemerintah dalam membangun pulau-pulau kecil itu sangat lamban karena itulah kewajiban mereka, walaupun begitu kita harus bersyukur pemerintah sudah membuka mata untuk pulau-pulau kecil.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Religous. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s